Home » article » Tingkatkan Profesionalisme Guru dan Dosen, STKIP Gelar Seminar Nasional

Tingkatkan Profesionalisme Guru dan Dosen, STKIP Gelar Seminar Nasional

img_4545

STKIPPGRI-BANGKALAN, Guna meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru dan dosen, STKIP PGRI Bangkalan menggelar seminar nasional pendidikan pada Sabtu (1/10). Bertempat di Graha STKIP PGRI Bangkalan, sebanyak 350 peserta mengikuti seminar nasional yang menghadirkan Prof. Dr. H Punaji Setyosari, M.Ed dan Prof. Dr. H Bambang Yulianto, M.Pd sebagai pembicara tersebut.

Baik dosen dan guru memiliki tanggung jawab yang besar sebagai ujung tombak pendidikan yang memegang peran besar dalam proses pembelajaran di kelas. ”Peran guru dan dosen dalam sebuah pembelajaran sangatlah vital. Oleh karenanya sangat dibutuhkan tanggung jawab dan sikap professional dari guru dan dosen,” ungkap Ketua STKIP PGRI Bangkalan Dr. H. Sunardjo, SH., M.Hum dalam sambutannya.

Lebih jauh Dr. H. Sunardjo, SH., M.Hum menjelaskan baik guru dan dosen dituntut memiliki kompetensi yang mumpuni. Pasalnya, saat ini, banyak masyarakat yang masih mempertanyakan profesionalisme guru. Dengan demikian, guru harus mengasah melalui proses penelitian, pelatihan, training, penataran dan lainnya.

Melalui seminar tersebut, para guru mendapatkan materi tentang pendidikan karakter. Lebih dari itu, mereka juga diberi kesempatan untuk berdiskusi terkait berbagai studi kasus dan bersama-sama mencari solusi terbaik. Prof. Dr. H. Punaji Setyosari, M.Ed, narasumber dalam seminar tersebut mengatakan bahwa pendidikan profesi merupakan investasi yang sangat berharga. ”Pekerjaan guru dan dosen, menuntut kecakapan pemegang profesi untuk melaksanakan tugas yang kompleks. Jadi tanggung jawab guru dan dosen sangatlah besar,” paparnya.

Sementara itu, Prof. Dr. H Bambang Yulianto, M.Pd mengungkapkan, tanpa kerja keras dan tanggung jawab mustahil, seorang guru dan dosen dapat menjadi tenaga pengajar yang profesional. ”Mulai saat ini mari bapak ibu sekalian bekerja keras membenahi diri untuk menjadi tenaga dosen dan guru yang professional,” pungkasnya. (bag.humas)

img_4538