Home » article » Tim LIPI Pasang IP-Port Di STKIP

Tim LIPI Pasang IP-Port Di STKIP

WhatsApp Image 2018-08-08 at 15.58.10

 

STKIPPGRI-BANGKALAN, Sentra Hak Kekakyaan Intelektual (HKI) STKIP PGRI Bangkalan kembali menggelar acara penguatan sentra HKI di Graha STKIP PGRI Bangkalan pada Selasa siang (7/8/2018). Acara ini berbentuk sosialisasi pemasangan IP-Port dan Identifikasi Kekayaan Intelektual. Satu tim dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) hadir dalam kegiatan ini.

IP-Port merupakan aplikasi dari LIPI yang bisa digunakan untuk melihat manajemen kekayaan intelektual dan akuntabilitas suatu lembaga. IP-Port dipasang di website STKIP PGRI Bangkalan sehingga bisa diakses oleh Civitas Academica dan masyarakat. Civitas Academica dan masyarakat bisa memanfaatkan IP-Port tersebut sebagai rujukan akuntabilitas dan akselerasi pemanfaatan KI.

Selain itu, tim dari LIPI tersebut berkenan membuat perjanjian kerja sama dengan STKIP dalam rangka peningkatan kompetensi pengelolaan Kekayaan Intelektual (KI) berupa pelatihan peningkatan pemahaman HKI, bimbingan teknis penyusunan dokumen spesifikasi paten dan kekayaan intelektual lainnya, lokakarya valuasi teknologi dan komersialisasi KI., atau asistensi dalam peng-inputan dan trouble shooting aplikasi IP-Port LIPI.

Kepala Sentra HKI STKIP PGRI Bangkalan, Dian Eka Indriani M.Pd menuturkan bahwa sentra HKI siap membantu memfasilitasi para dosen dan masyarakat di Bangkalan untuk mendaftarkan hak cipta, merk maupun hak paten.

“Keberadaan IP-Port yang terpasang di website STKIP PGRI Bangkalan diharapkan dapat mamacu peningkatan pendaftaran hak kekayaan intelektual para dosen, mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus,” ujarnya. (bag.humas)