Home » article » Prodi Ekonomi Gelar Workshop Kurikulum KKNI

Prodi Ekonomi Gelar Workshop Kurikulum KKNI

img-20160909-wa0012

STKIPPGRI-BANGKALAN, Guna meningkatkan kualitas pembelajaran dan lulusannya, Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Bangkalan menggelar workshop kurikulum KKNI Jumat (9/9) lalu, di Graha STKIP PGRI Bangkalan. Hadir sebagai pembicara dalam workshop tersebut Kaprodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang Dr. Hari Wahyono, M.Pd.

Dr. Hari Wahyono, M.Pd menjelaskan, dalam upaya melakukan kualifikasi terhadap lulusan perguruan tinggi di Indonesia, pemerintah telah menerbitkan Perpres No. 08 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang menjadi acuan dalam penyusunan capaian pembelajaran lulusan dari setiap jenjang pendidikan secara nasional, juknis Perpres ini Permendikbud no. 73 Tahun 2013.

Terbitnya Perpres No. 08 tahun 2012 dan UU PT No. 12 Tahun 2012  Pasal 29 ayat (1), (2), dan (3) telah berdampak pada kurikulum dan pengelolaannya di setiap program. Kurikulum yang pada awalnya mengacu pada pencapaian kompetensi menjadi mengacu pada capaian pembelajaran (learning outcomes). Secara ringkas KKNI terdiri dari sembilan level kualifikasi akademik SDM Indonesia.

”Dengan adanya KKNI ini diharapkan akan mengubah cara melihat kompetensi seseorang. Tidak lagi semata ijazah tapi dengan melihat kepada kerangka kualifikasi yang disepakati secara nasional sebagai dasar pengakuan terhadap hasil pendidikan seseorang secara luas (formal, non formal, atau in formal) yang akuntanbel dan transparan,” ujar Dr. Hari Wahyono, M.Pd.

Sementara itu Pembantu Ketua I Mety Liesdiani mewakili Ketua STKIP PGRI Bangkalan, dalam sambutannya mengungkapkan harapannya, Prodi Ekonomi dapat segera menerapkan kurikulum KKNI. ”Semoga kurikulum ini segera diterapkan demi kemajuan STKIP PGRI Bangkalan,” tukasnya. (bag. humas)