Home » article » Bule Asal Belanda Kunjungi STKIP

Bule Asal Belanda Kunjungi STKIP

foto dua STKIPPGRI-BANGKALAN, “ini pertama kali saya ke Indonesia,” cerita bule asal Belanda di hadapan para dosen dan pimpinan STKIP PGRI Bangkalan. Banyak pemahaman yang keliru bahwa jurnal internasional bereputasi hanya jurnal-jurnal yang berbayar. Padahal, menurutnya, banyak jurnal yang bisa diakses secara gratis dengan reputasi yang cukup baik.

Sesekali diselingi seruputan kopi, si pria bule melanjutkan apa maksud kedatangannya ke Indonesia. Mungkin karena baru pertama kali merasakan kopi asli nusantara, satu gelas kopi hitam tandas meski belum genap setengah jam ia bercerita. Tuan rumah pun kembali menyediakan satu gelas kopi hitam.

Namanya Tom Olijhoek Ph.D., ia bekerja sebagai Editor in Chief di Directory of Open Access Journals (DOAJ) sejak April 2015. Rambutnya yang memutih menandakan usianya tak lagi muda. Tidak hanya sebagai Editor in Chief di DOAJ, ia juga mefoto satunduduki banyak posisi penting dalam dunia akademis baik sebagai konsultan senior maupun peneliti senior.

Di ruang rapat STKIP PGRI Bangkalan, ketua STKIP, Dr. Sunardjo SH., M.Hum mengaku senang dengan kehadiran Tom Olijhoek, Ph.D untuk membantu agar para dosen di STKIP PGRI Bangkalan bisa menerbitkan jurnal berskala internasional yang bereputasi.

“Sebagai pimpinan STKIP, kami terus mendorong agar hasil penelitian para dosen bisa muncul di jurnal berskala internasional. Selain memiliki nilai tambah bagi dosen dan kampus, hasil penelitian tersebut juga bisa dinikmati secara luas,” terang ketua STKIP saat mendampingi Mr. Tom, panggilan akrab Tom Olijhoek Ph.D.

Setelah memberi pemaparan selama satu jam lebih, Mr Tom juga mengajak agar para dosen agar lebih aktif menulis artikel hasil penelitian. Kesempatan untuk menerbitkan artikel di jurnal bereputasi yang tergabung dalam DOAJ cukup besar karena terdapat ribuan jurnal yang berbahasa asing, juga ada yang berbahasa nasional sesuai dengan asal si penulis.

Kedatangan Mr. Tom di kampus STKIP PGRI Bangkalan pada Rabu (3/4/2017) menjadi langkah lanjutan untuk meningkatkan kinerja para dosen di bidang penelitian sebagai upaya melaksanakan satu dari tiga hal dalam Tri Dharma perguruan tinggi (Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian). (bag.humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*